MINI
PROPOSAL
ANALISIS
PENGARUH KEAMANAN TERHADAP
NIAT
UNTUK BERTRANSAKSI SECARA ONLINE
DI
OLX.CO.ID

Oleh:
Retno Susanti
NPM : 15.0101.0021
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MAGELANG
2015/2016
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN..................................................................................
2
A.
LATARBELAKANG.............................................................................
2
B.
RUMUSAN
MASALAH.......................................................................
2
C.
TUJUAN
PENELITIAN........................................................................
2
D.
KONTRIBUSI
PENELITIAN................................................................ 3
E.
SISTEMATIKA
PEMBAHASAN......................................................... 3
BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS.........................................
4
A.
TELAAH TEORI...................................................................................
4
B.
TELAAH
PENELITIAN SEBELUMNYA........................................... 5
C.
PERUMUSAN
HIPOTESIS.................................................................. 5
D.
MODEL PENELITIAN..........................................................................
5
BAB III METODE PENELITIAN.....................................................................
6
A.
POPULASI DAN
SAMPEL ...................................................................6
B.
VARIABEL
PENELITIAN.....................................................................6
C.
METODE
ANALISIS DATA.................................................................6
D.
PENGUJIAN
HIPOTESIS......................................................................7
DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................8
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Perubahan pola
perilaku dan kebutuhan konsumen yang disebabkan perkembangan teknologi di era modern ini
menjadikan konsumen bertingkah laku lebih praktis. Konsumen membutuhkan
kecepatan dan ketepatan dalam pemenuhan kebutuhannya. Hal ini membuat produsen
berupaya memenuhi kebutuhan konsumen dengan e-commerce,dimana e-comerce ini
menawarkan keunggulan kompetitifnya yaitu menghapus konsep ruang dan waktu.
Pada awalnya
belanja melalui internet jarang diminati. Alasannya seperti takut tertipu,
tidak memuaskan, pengiriman yang lama dan system pemesanan yang membingungkan.
Untuk itu berbagai website mengupayakan fasilitas dengan jaminan keamamanan
agar menarik perhatian konsumen melalui website
mereka.
Bertolak dari
pemaparan diatas maka dipandang perlu mengadakan suatu penelitian yang memiliki
hubungan erat dengan niat konsumen berinteraksi secara online. Maka penulis
berinisiatif untuk mengadakan penelitian dengan mengangkat judul,” ANALISIS
PENGARUH KEAMANAN TERHADAP NIAT UNTUK BERTRANSAKSI SECARA ONLINE DI OLX.CO.ID”
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas,maka rumusan masalahnya adalah bagaimana pengaruh
keamanan terhadap niat konsumen untuk berteransaksi secara online di OLX.co.id?
C. Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui
pengaruh keamanan terhadap niat konsumen untuk bertransaksi secara online di
OLX.co.id.
D.
Kontribusi
Penelitian
1. Sebagai
wacana dalam melihat prospek pemasaran secara online.
2. Sebagai
pertimbangan dalam menentukan strategi pemasaran secara online.
3. Menambah
referensi dan memberi sumbangan pemikiran bagi perkembangan ilmu pengetahuan di
bidang manajemen pemasaran secara online.
E.
Sistematika
Pembahasan
Secara
sistematis pembahasan penelitian ini disusun sebagai
berikut :
BAB 1 : PENDAHULUAN
A. Latar
belakang masalah
B. Rumusan
masalah
C. Tujuan
penelitian
D. Kontribusi
penelitian
E. Sistemaika
pembahasan.
BAB
II : TINJAUAN PUSTAKA DAN PERUMUSAN HIPOTESIS
A. Telaah teori
B. Telaah penelitian
sebelumnya
C. Perumusan hipotesis
D. Model penelitian.
BAB III : METODE PENELITIAN
A. Populasi
dan sampel,
B. Variabel
penelitian,
C. Metode
analisis data
D. Pengujian
hipotesis.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA DAN
PERUMUSAN HIPOTESIS
A.
Telaah
teori
Pemasaran
Pemasaran adalah proses sosial yang
dengan proses itu individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan
dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan
produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain, untuk definisi manajerial,
pemasaran sering di gambarkan sebagai seni menjual produk.Kotler (2007:10).
Perilaku Konsumen
Gerald Zaltman dan Melanie Wallendorf
menjabarkan dalam Mangkunegara (2002: 3) bahwa :“Perilaku konsumen adalah
tindakan-tindakan, proses, dan hubungan sosial yang dilakukan individu,
kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan, menggunakan suatu produk atau
lainnya, pelayanan, dan sumber-sumber lainnya”.
The Theory
Planned Behavior
Menurut the theory planned behavior, tindakan individu pada perilaku
tertentu ditentukan oleh niat individu tersebut untuk melakukan perilaku. Niat
itu sendiri dipengaruhi sikap terhadap perilaku, norma subyektif yang
mempengaruhi perilaku, dan kontrol keperilakuan yang dirasakan. Menurut Azjen
(1985), sikap terhadap perilaku merupakan evaluasi positif atau negatif dalam
melakukan perilaku. Sikap terhadap perilaku menunjukkan tingkatan seseorang
mempunyai evaluasi yang baik atau yang kurang baik tentang perilaku tertentu.
E-Commerce
Dari beberapa definisi tersebut, maka
dapat dikemukakan bahwa E-Commerce adalah mekanisme perdagangan dengan
menggunakan teknologi informasi, seperti internet secara online untuk memenuhi
keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen dalam memangkas service cost guna
meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
B. Telaah
Penelitian Sebelumnya
Penelitian
ini dibuat untuk membuktikan adanya
pengaruh privasi, keamanan, dan kepercayaan terhadap niat bertransaksi
secara online di OLX.co.id dan membuktikan variabel independen mana yang
paling berpengaruh terhadap niat berinteraksi secara online di olx.co.id. Penelitian dilakukan dngan explanatory research,dimana sampelnya adalah
110 responden,yang dipilih menggunakan metode accidental sampling.
Analisis
regresi linear berganda yang diuji menggunakan uji F dan uji t mendapatkan
hasil sebagai berikut : bahwa variabel keamanan bengaruh secara
simulutan terhadap variabel niat
bertransaksi.
C. Perumusan Hipotesis
Pada penelitian yang akan dilaksanakan diajukan
hipotesis bahwa keamanan dapat berpengaruh positif terhadap niat konsumen
berinteraksi secara online di OLX.co.id
D.
Model
Penelitian
Keamanan
|
Niat bertransaksi
|
BAB
III
METODE
PENELITIAN
A.
Populasi
dan sampel
Populasi
Populasi
yang digunakan adalah seluruh mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Brawijaya Malang 2013/2014 yang mempunyai niat bertransaksi jual
beli secara online diOLX.co.id.
Sampel
Sampel
yang digunakan adalah 40 mahasiswa
B.
Variabel
Penelitian
Terdapat dua variabel yang akan diukur,
yaitu:
1. Keamanan
(X)
Keamana
adalah keadaan dimana seseorang terbebas dari bahaya apapun yang mengancam,
baik fisik maupun psikologinya.
2. Niat
Bertransaksi (Y)
Niat
bertransaksi adalah keinginan seseorang untuk turut berinteraksi.
C.
Metode
Analsis Data
Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode survei yaitu peneliti mengambil langsung sampel dari populasi
yang ada.
D. Pengujian
Hipotesis
Hipotesis
|
Nilai
|
H0
: βi = 0 (tidak ada pengaruh
antara
|
F = 24,057
|
H0
: βi ≠ 0 (terdapat pengaruh antara variabel
|
F=26,9
|
Melihat
tabel uji F diatas, untuk menentukan keputusan diterima atau tidaknya hipotesis
maka dipilih hipotesis dengan nilai F tertinggi.
Daftar
Pustaka
Dajan,
Anton. 1986. Pengantar Metode Statistik. Jakarta : LP3ES
Moh,
Nazir. 2006. Metode Penelitian. Jakarta : Ghali Indonesia
Gregori,Mankiw.
2002. Pengantar Ekonomi Makro. Jakarta:
Salemba Empat.
Syaifudin, Muhammad. “Pengaruh Privasi, Keamanan dan Kepercayaan Terhadap Niat Untuk
Bertrasaksi Secara Online di OLX.CO.ID”. Jurnal Manajemen Pemasaran,FEB
Universitas Brawijaya.2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar