Kamis, 22 Desember 2016

mini propsal marketing mudah dan lengkap

MINI PROPOSAL
ANALISIS PENGARUH KEAMANAN TERHADAP
NIAT UNTUK BERTRANSAKSI SECARA ONLINE
DI OLX.CO.ID


Oleh:
 Retno Susanti
  NPM : 15.0101.0021



PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2015/2016



DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................. 2
A.    LATARBELAKANG............................................................................. 2
B.     RUMUSAN MASALAH....................................................................... 2
C.     TUJUAN PENELITIAN........................................................................ 2
D.    KONTRIBUSI PENELITIAN................................................................ 3
E.     SISTEMATIKA PEMBAHASAN......................................................... 3
BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS......................................... 4
A.    TELAAH TEORI................................................................................... 4
B.     TELAAH PENELITIAN SEBELUMNYA........................................... 5
C.     PERUMUSAN HIPOTESIS.................................................................. 5
D.    MODEL PENELITIAN.......................................................................... 5
BAB III METODE PENELITIAN..................................................................... 6
A.    POPULASI DAN SAMPEL ...................................................................6
B.     VARIABEL PENELITIAN.....................................................................6
C.     METODE ANALISIS DATA.................................................................6
D.    PENGUJIAN HIPOTESIS......................................................................7
DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................8






BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perubahan pola perilaku dan kebutuhan konsumen yang disebabkan  perkembangan teknologi di era modern ini menjadikan konsumen bertingkah laku lebih praktis. Konsumen membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam pemenuhan kebutuhannya. Hal ini membuat produsen berupaya memenuhi kebutuhan konsumen dengan e-commerce,dimana e-comerce ini menawarkan keunggulan kompetitifnya yaitu menghapus konsep ruang dan waktu.
Pada awalnya belanja melalui internet jarang diminati. Alasannya seperti takut tertipu, tidak memuaskan, pengiriman yang lama dan system pemesanan yang membingungkan. Untuk itu berbagai website mengupayakan fasilitas dengan jaminan keamamanan agar menarik perhatian konsumen melalui website mereka.
Bertolak dari pemaparan diatas maka dipandang perlu mengadakan suatu penelitian yang memiliki hubungan erat dengan niat konsumen berinteraksi secara online. Maka penulis berinisiatif untuk mengadakan penelitian dengan mengangkat judul,” ANALISIS PENGARUH KEAMANAN TERHADAP NIAT UNTUK BERTRANSAKSI SECARA ONLINE DI OLX.CO.ID”
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas,maka rumusan masalahnya adalah bagaimana pengaruh keamanan terhadap niat konsumen untuk berteransaksi secara online di  OLX.co.id?
C.     Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui pengaruh keamanan terhadap niat konsumen untuk bertransaksi secara online di OLX.co.id.
D.    Kontribusi Penelitian
1.      Sebagai wacana dalam melihat prospek pemasaran secara online.
2.      Sebagai pertimbangan dalam menentukan strategi pemasaran secara online.
3.      Menambah referensi dan memberi sumbangan pemikiran bagi perkembangan ilmu pengetahuan di bidang manajemen pemasaran secara online.
E.     Sistematika Pembahasan
Secara sistematis pembahasan penelitian ini disusun sebagai
            berikut :
            BAB 1     : PENDAHULUAN
A.  Latar belakang masalah
B.  Rumusan masalah
C.  Tujuan penelitian
D.  Kontribusi penelitian
E.   Sistemaika pembahasan.

BAB II                 : TINJAUAN PUSTAKA DAN PERUMUSAN HIPOTESIS
                   A. Telaah teori
                   B. Telaah penelitian sebelumnya
                   C. Perumusan hipotesis
                   D. Model penelitian.     

BAB III   : METODE PENELITIAN
A.    Populasi dan sampel,
B.     Variabel penelitian,
C.     Metode analisis data
D.    Pengujian hipotesis.                           



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA DAN PERUMUSAN HIPOTESIS


A.    Telaah teori
Pemasaran
Pemasaran adalah proses sosial yang dengan proses itu individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain, untuk definisi manajerial, pemasaran sering di gambarkan sebagai seni menjual produk.Kotler (2007:10).
Perilaku Konsumen
Gerald Zaltman dan Melanie Wallendorf menjabarkan dalam Mangkunegara (2002: 3) bahwa :“Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan, proses, dan hubungan sosial yang dilakukan individu, kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan, menggunakan suatu produk atau lainnya, pelayanan, dan sumber-sumber lainnya”.
The Theory Planned Behavior
Menurut the theory planned behavior, tindakan individu pada perilaku tertentu ditentukan oleh niat individu tersebut untuk melakukan perilaku. Niat itu sendiri dipengaruhi sikap terhadap perilaku, norma subyektif yang mempengaruhi perilaku, dan kontrol keperilakuan yang dirasakan. Menurut Azjen (1985), sikap terhadap perilaku merupakan evaluasi positif atau negatif dalam melakukan perilaku. Sikap terhadap perilaku menunjukkan tingkatan seseorang mempunyai evaluasi yang baik atau yang kurang baik tentang perilaku tertentu.


E-Commerce
Dari beberapa definisi tersebut, maka dapat dikemukakan bahwa E-Commerce adalah mekanisme perdagangan dengan menggunakan teknologi informasi, seperti internet secara online untuk memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen dalam memangkas service cost guna meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.

B.     Telaah Penelitian Sebelumnya
Penelitian ini dibuat untuk membuktikan adanya  pengaruh privasi, keamanan, dan kepercayaan terhadap niat bertransaksi secara online di OLX.co.id dan membuktikan variabel independen mana yang paling berpengaruh terhadap niat berinteraksi secara online di olx.co.id.  Penelitian dilakukan dngan explanatory research,dimana sampelnya adalah 110 responden,yang dipilih menggunakan metode accidental sampling.
Analisis regresi linear berganda yang diuji menggunakan uji F dan uji t mendapatkan hasil sebagai berikut : bahwa variabel keamanan bengaruh secara simulutan  terhadap variabel niat bertransaksi.
C.    Perumusan Hipotesis
Pada penelitian yang akan dilaksanakan diajukan hipotesis bahwa keamanan dapat berpengaruh positif terhadap niat konsumen berinteraksi secara online di OLX.co.id
D.    Model Penelitian
Keamanan
Niat bertransaksi

 








BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Populasi dan sampel
Populasi
Populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang 2013/2014 yang mempunyai niat bertransaksi jual beli secara online diOLX.co.id.
Sampel
Sampel yang digunakan adalah 40 mahasiswa
B.     Variabel Penelitian
Terdapat dua variabel yang akan diukur, yaitu:
1.      Keamanan (X)
Keamana adalah keadaan dimana seseorang terbebas dari bahaya apapun yang mengancam, baik fisik maupun psikologinya.
2.      Niat Bertransaksi (Y)
Niat bertransaksi adalah keinginan seseorang untuk turut berinteraksi.
C.    Metode Analsis Data
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yaitu peneliti mengambil langsung sampel dari populasi yang ada.
D.    Pengujian Hipotesis
Hipotesis
Nilai
H0 : βi = 0 (tidak  ada pengaruh antara


F = 24,057
H0 : βi ≠ 0 (terdapat pengaruh antara variabel


F=26,9
Melihat tabel uji F diatas, untuk menentukan keputusan diterima atau tidaknya hipotesis maka dipilih hipotesis dengan nilai F tertinggi.





























Daftar Pustaka
Dajan, Anton. 1986. Pengantar Metode Statistik. Jakarta : LP3ES
Moh, Nazir. 2006. Metode Penelitian. Jakarta : Ghali Indonesia
Gregori,Mankiw. 2002. Pengantar Ekonomi Makro. Jakarta: Salemba Empat.
Syaifudin, Muhammad. “Pengaruh Privasi, Keamanan dan Kepercayaan Terhadap Niat Untuk Bertrasaksi Secara Online di OLX.CO.ID”. Jurnal Manajemen Pemasaran,FEB Universitas Brawijaya.2010
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar