Minggu, 12 Februari 2023

RAT HARUS KRITIS

 


Hah RAT harus kritis? Memangnya pasien? Eits jangan salah yaaa guys. Ketika RAT kita juga dituntut untuk kritis loh. Rapat Anggota Tahunan (RAT) adalah sebuah forum tertinggi di dalam sebuah organisasi koperasi. RAT juga menjadi forum strategis, untuk mempertanggungjawabkan segala upaya yang dilakukan pengurus kepada anggota dan badan pengawas dalam memajukan usaha koperasi selama satu tahun. Jadi sebagai anggota kita wajib untuk kritis juga, kritis disini adalah bersifat tidak cepat percaya, tajam pada menganalisis & bersifat selalu berusaha meraih celah kesalahan atau kekeliruan.

Minggu, 12 Februari 2023 Kopkar Bhakti PT Djohar Magelang melaksanakan RAT di ruang meeting RM Sumber Rejeki Tempuran. Dalam RAT kali ini dihadiri oleh Pimpinan perusahaan, Ketua KSPN unit kerja PT Djohar magelang, Pendamping Koperasi Kab Magelang yang mewakili Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kab Magelang, Jajaran pengurus dan pengawas Kopkar Bhakti, dan 70% anggota koperasi. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menyambung silaturahim antar jajaran pimpinan PT Djohar Magelang serta anggota koperasi pada umumnya.

Koperasi yang sudah berdiri sejak 1991 ini selalu berusaha untuk terus maju dan meningkatkan usahanya, terbukti dalam RAT Tutup Buku Tahun 2022 ini koperasi berhasil meningkatkan SHU sebesar 50,75% dengan nominal kenaikan mencapai angka Rp. 123.694.233,-  dan efisiensi biaya sebesar 5,23%.Dengan kenaikan SHU ini membuat anggota semakin semangat untuk terus berkoperasi.

Pengesahan RAT Tutup Buku Tahun 2022 Dilaksanakan secara voting, dengan yang awalnya hanya 85% anggota yang mengesahkan menjadi 100% setuju setelah terjadi perdebatan yang cukup sengit. Perbedaan pendapat terjadi akibat anggota yang belum sepenuhnya mengerti tentang cara membaca laporan keuangan, sehingga terjadi salah tangkap. Tetapi dengan penjelasan yang lugas dan mudah dimengerti, akhirnya anggota bisa sependapat dengan laporan pertanggungjawaban yang telah disajikan pengurus dan pengawas.

By : Retno Susanti,SM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar